UKM PENGEMBANGAN

  1. STANDAR PELAYANAN KESEHATAN GIGI MASYARAKAT
    a. Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan (service delivery)
No.KOMPONEN  URAIAN
1Persyaratan pelayananMasyarakat di wilayah kerja UPT Puskesmas SumberasihUKBM di wilayah kerja UPT Puskesmas Sumberasih
2Sistem dan mekanisme/ prosedurPetugas kader melakukan pendaftaran (meja 1)Petugas kader melakukan penimbangan (meja 2)Petugas kader melakukan pengisian Kohort/buku kegiatan (meja 3)Petugas kader/ Petugas Kesehatan melakukan penyuluhan Kelompok / perorangan berdasarkan hasil Kohort  (meja 4)Petugas kesehatan melakukan pelayanan kesehatan dasar sederhana ( pemeriksaan fisik , pemeriksaan gigi dan pengobatan dasar)Petugas kesehatan mendokumentasikan kegiatan yang dilaksanankan
3Jangka waktu pelayananMenyesuaikan Jenis Kegiatan
4TarifTidak dikenakan biaya
5Produk pelayananPelayanan Penyuluhan Kesehatan Gigi dan MulutPelayanan Pemeriksaan Gigi
6Penanganan pengaduan, saran dan masukanPelayanan pengaduan melalui: Telp/ WA : 082130009234Email : pkmsumberasih@gmail.comWebsite : http://puskesmas-sumberasih.probolinggokab.go.idKotak Saran/pengaduan di Ruang tunggu pasien Pelayanan pengaduan langsung di ruang pengaduanMedia sosial : Facebook, Instagram, Tik-tok, Youtube (Puskesmas Sumberasih)

2. STANDAR PELAYANAN MASALAH PENYALAHGUNAAN NAPZA
a. Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan (service delivery)

No.KOMPONENURAIAN
1Persyaratan pelayananSekolah setingkat SD,SMP dan SMA  di wilayah kerja UPT Puskesmas SumberasihSasaran Penyuluhan yaitu Siswa SD,SMP dan SMA  di wilayah kerja UPT Puskesmas Sumberasih
2Sistem dan mekanisme/ prosedurKoordinator Pelayanan Penanganan Masalah Napza melakukan koordinasi dengan Koordinator UKS dan KRR utk merencanakan kegiatan penyuluhan tentang Pencegahan dan penanggulangan bahaya penyalahgunaan NapzaKoordinator Pelayanan Penanganan Masalah Napza, UKS dan KRR menyusun jadwal kegiatan penyuluhan tentang Pencegahan dan penanggulangan bahaya penyalahgunaan NapzaKoordinator UKS berkoordinasi dengan guru UKS utk merencanakan kegiatan penyuluhan kepada siswa tentang NAPZAKoordinator UKS memberikan surat pemberitahuan ke sekolah untuk kegiatan penyuluhan kepada siswa tentang NAPZAKoordinator Pelayanan Penanganan Masalah Napza/ UKS/ KRR melaksanakan kegiatan penyuluhan tentang Pencegahan dan penanggulangan bahaya penyalahgunaan Napza serta mencatatnyaKoordinator Pelayanan Penanganan Masalah NAPZA melakukan evaluasi kegiatan yg telah dilaksanakan utk disusun rencana perbaikan selanjutnyaKoordinator Pelayanan Penanganan Masalah melaporkan evaluasi kegiatan yg telah dilaksanakan kepada PJ UKM utk diteruskan ke Kepala Puskesmas
3Jangka waktu pelayananMenyesuaikan Jenis Kegiatan  
4TarifTidak dikenakan biaya
5Produk pelayananPenyediaan & Penyebaran informasi tentang Pencegahan & Penanggulangan bahaya penyalahgunaan NAPZA
6Penanganan pengaduan, saran dan masukanPelayanan pengaduan melalui: Telp/ WA : 082130009234Email : pkmsumberasih@gmail.comWebsite : http://puskesmas-sumberasih.probolinggokab.go.idKotak Saran/pengaduan di Ruang tunggu pasien Pelayanan pengaduan langsung di ruang pengaduanMedia sosial : Facebook, Instagram, Tik-tok,Youtube (Puskesmas Sumberasih)

3. STANDAR PELAYANAN KESEHATAN MATRA
a. Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan (service delivery)

No.KOMPONENURAIAN
1Persyaratan pelayananJemaah Haji yang keberangkatannya sudah ditentukan oleh kemenag (masa keberangkatan)Jemaah Haji  hadir langsung ke UPT Puskesmas Sumberasih untuk pemeriksaan kesehatanPersyaratan membawa:Pas foto 3×4 2 lembarFoto copi KTP
2Sistem dan mekanisme/ prosedurJemaah haji melakukan pemeriksaan tahap I di labkesda yaitu meliputi: pemeriksaan Laboratorium, EKG, Rontgent thoraksSetelah melakukan pemeriksaan tahap I Jemaah haji melakukan pemeriksaan tahap II yaitu dengan datang ke Puskesmas untuk menerima hasil pemeriksaan dan tindak lanjut dari hasil pemeriksaan tersebutDalam pelaksanaan tahap II Jemaah haji juga mendapatkan pembinaan kesehatan dari petugas, selain itu Jemaah Haji juga melakukan vaksinasi meningitis dan influenza 2 minggu sebelum keberangkatan
3Jangka waktu pelayananPemeriksaan tahap I (masa tunggu) dilaksanakan 2 bulan sebelum keberangkatan Pemeriksaan tahap II (masa keberangkatan ) dilaksanakan 1 bulan sebelum keberangkatan Pelaksanaan vaksinasi meningitis dan influenza dilaksanakan 2 minggu sebelum keberangkatan
4TarifPemeriksaan Laboratorium, RO, EKG tarif sesuai LabkesdaPemeriksaan di Puskesmas sesuai Perbup No. 01 Tahun 2019
5Produk pelayananPemeriksaan KesehatanKonsultasi Dokter/ kesehatanPembinaan kesehatanPengukuran kebugaran jasmaniPengawasan pasca kepulangan ke tanah air
6Penanganan pengaduan, saran dan masukanPelayanan pengaduan melalui: Telp/ WA : 082130009234Email : pkmsumberasih@gmail.comWebsite : http://puskesmas-sumberasih.probolinggokab.go.idKotak Saran/pengaduan di Ruang tunggu pasien Pelayanan pengaduan langsung di ruang pengaduanMedia sosial : Facebook, Instagram, Tik-tok,Youtube (Puskesmas Sumberasih)

4. STANDAR PELAYANAN KESEHATAN TRADISIONAL
a. Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan (service delivery)

No.KOMPONENURAIAN
1Persyaratan pelayananMasyarakat di wilayah kerja UPT Puskesmas SumberasihUKBM di wilayah kerja UPT Puskesmas SumberasihInstitusi di wilayah kerja UPT Puskesmas Sumberasih
2Sistem dan mekanisme/ prosedurKoordinator Yankestrad melakukan analisa situasi dan identifikasi permasalahan yang ada di wilayah kerja UPT Puskesmas Sumberasih Koordinator Yankestrad menyusun prioritas masalah yang mengacu pada prioritas Puskesmas maupun regulasiKoordinator Yankestrad mengidentifikasi penyebab masalah baik dari sisi sasaran primer, sekunder dan tersierKoordinator Yankestrad mengidentifikasi pemecahan masalah dari sisi promosi kesehatan dan pemberdayaan masayarakatKoordinator Yankestrad menyusun prioritas pemecahan masalah dalam bentuk kegiatanKoordinator Yankestrad mengusulkan kegiatan dalam pertemuan PTPKoordinator Yankestrad menyusun RPKKoordinator Yankestrad melaksanakan kegiatan sesuai RPKKoordinator Yankestrad melakukan evaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan untuk disusun rencana perbaikan selanjutnya
3Jangka waktu pelayananMenyesuaikan Jenis Kegiatan
4TarifTidak dikenakan biaya
5Produk pelayanan hattraPelayanan kesehatan tradisional dalam gedungPelayanan kesehatan tradisional luar gedungPelayanan kesehatan tradisional massa dan medsos
6Penanganan pengaduan, saran dan masukanPelayanan pengaduan melalui: Telp/ WA : 082130009234Email : pkmsumberasih@gmail.comWebsite : http://puskesmas-sumberasih.probolinggokab.go.idKotak Saran/pengaduan di Ruang tunggu pasien Pelayanan pengaduan langsung di ruang pengaduanMedia sosial : Facebook, Instagram, Tik-tok,Youtube (Puskesmas Sumberasih)

5. STANDAR PELAYANAN KESEHATAN OLAHRAGA
a. Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan (service delivery)

No.KOMPONENURAIAN
1Persyaratan pelayananKartu Identitas / KTP /KKKartu BPJS / KIS / Jamkesda (pasien dengan jaminan)
2Sistem dan mekanisme/ prosedurPetugas kesehatan mencatat identitas peserta pada format absensi yang telah disediakanPetugas kesehatan melaksanakan pengukuran tinggi dan berat badan kepada pesertaPetugas kesehatan melaksanakan pengukuran dan pemeriksaan tekanan darah kepada pesertaPetugas memberikan pengarahan berupa wawancara dan konselingPetugas melakukan peregangan sebelum melakukan senamPetugas atau instruktur senam melaksanakan senam sesuai jenis senam yang dibutuhkan peserta (senam diabetes, jantung sehat)
3Jangka waktu pelayanan≤ 60 menit
4TarifTidak dikenakan biaya
5Produk pelayanan hattraPelayanan pembinaan kesehatan olahraga
6Penanganan pengaduan, saran dan masukanPelayanan pengaduan melalui: Telp/ WA : 082130009234Email : pkmsumberasih@gmail.comWebsite : http://puskesmas-sumberasih.probolinggokab.go.idKotak Saran/pengaduan di Ruang tunggu pasien Pelayanan pengaduan langsung di ruang pengaduanMedia sosial : Facebook, Instagram, Tik-tok,Youtube (Puskesmas Sumberasih)

6. STANDAR PELAYANAN KESEHATAN KERJA
a. Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan (service delivery)

No.KOMPONENURAIAN
1Persyaratan pelayananInstitusi di wilayah kerja UPT Puskesmas Sumberasih, termasuk internal dan Perkantoran
2Sistem dan mekanisme/ prosedurPetugas mengumpulkan data dan mendokumentasikan pelaksanaan K3 (kesehatan dan keselamatan kerja) Internal Petugas melakukan pembinaan dan membuat laporan pelaksanaan kegiatan K3 Perkantoran yang ada di wilayah kerja UPT Puskesmas SumberasihPetugas melaksanakan promotif dan preventif serta membuat laporan LBKP (laporan bulanan kesehatan pekerja)Petugas mengupload data/ hasil kegiatan ke dalam aplikasi sitkoMelakukan rekapitulasi data yang telah terkumpul bulanan selama setahun untuk dilaporkan dan divalidasi kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo
3Jangka waktu pelayanan≤ 60 menit Jam kerja pelayanan UPT Puskesmas SumberasihHari Pengumpulan Laporan : Setiap akhir bulan sebelum tanggal 5Penbinaan  K3 perkantoran 1x setahun Pembinaan,promotif dan preventif pada kelompok kesehatan kerja.2xsetahun
4TarifTidak dikenakan biaya
5Produk pelayanan hattraHasil rekapitulasi penyelengaraan k3 internal di puskesmas dan penyelenggaraan pembinaaan K3 Perkantoran serta promotif dan preventif yang dilakukan pada kelompok pekerja
6Penanganan pengaduan, saran dan masukanPelayanan pengaduan melalui: Telp/ WA : 082130009234Email : pkmsumberasih@gmail.comWebsite : http://puskesmas-sumberasih.probolinggokab.go.idKotak Saran/pengaduan di Ruang tunggu pasien Pelayanan pengaduan langsung di ruang pengaduanMedia sosial : Facebook, Instagram, Tik-tok,Youtube (Puskesmas Sumberasih)

7. STANDAR PELAYANAN KEFARMASIAN
a. Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan (service delivery)

No.KOMPONENURAIAN
1Persyaratan pelayanan gema cermatPemerintah dan masyarakat serta seluruh pemangku kepentingan terkait tentang terselanggaranya  kegiatan gema cermatTenaga kefarmasian yagn memberikan informasi kepada masyarakat.
2Sistem dan mekanisme/ prosedurPetugas menentukan sasaran kegiatan penyuluhanPetugas melakukan koordinasi lintas program dengan kegiatan promosi kesehatan yang lain atau dengan bidan desaPetugas menyusun kerangka acuan kegiatan dan jadwal kegiatan sesuai hasil koordinasi lintas programPetugas mensosialisasikan jadwal kegiatan kepada sasaranPetugas menyusun materi kegiatanPetugas melaksanakan kegiatanPetugas melakukan survei kepuasan dan mengumpulkan data hasil umpan balik sasaranPetugas menyusun laporan kegiatanPetugas melakukan evaluasi, analisa dan menyusun rencana tindak lanjut kegiatan
3Jangka waktu KegiatanSesuai dengan waktu yang diberikan oleh penyelenggara
4Biaya kegiatanTidak dikenakan biaya
5Produk pelayananKegiatan edukasi kepada masyarakat cerdas dalam menggunakan obat
6Penanganan pengaduan, saran dan masukanPelayanan pengaduan melalui: Telp/ WA : 082130009234Email :pkmsumberasih@gmail.comWebsite : http://puskesmas-sumberasih.probolinggokab.go.idKotak Saran/pengaduan di Ruang tunggu pasien Pelayanan pengaduan langsung di ruang pengaduanMedia sosial : Facebook, Instagram, Tik-tok,Youtube(Puskesmas Sumberasih)

Kembali ke Atas