STANDAR PELAYANAN KESEHATAN GIGI MASYARAKAT a. Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan (service delivery)
No.
KOMPONEN
URAIAN
1
Persyaratan pelayanan
Masyarakat di wilayah kerja UPT Puskesmas SumberasihUKBM di wilayah kerja UPT Puskesmas Sumberasih
2
Sistem dan mekanisme/ prosedur
Petugas kader melakukan pendaftaran (meja 1)Petugas kader melakukan penimbangan (meja 2)Petugas kader melakukan pengisian Kohort/buku kegiatan (meja 3)Petugas kader/ Petugas Kesehatan melakukan penyuluhan Kelompok / perorangan berdasarkan hasil Kohort (meja 4)Petugas kesehatan melakukan pelayanan kesehatan dasar sederhana ( pemeriksaan fisik , pemeriksaan gigi dan pengobatan dasar)Petugas kesehatan mendokumentasikan kegiatan yang dilaksanankan
3
Jangka waktu pelayanan
Menyesuaikan Jenis Kegiatan
4
Tarif
Tidak dikenakan biaya
5
Produk pelayanan
Pelayanan Penyuluhan Kesehatan Gigi dan MulutPelayanan Pemeriksaan Gigi
6
Penanganan pengaduan, saran dan masukan
Pelayanan pengaduan melalui: Telp/ WA : 082130009234Email : pkmsumberasih@gmail.comWebsite : http://puskesmas-sumberasih.probolinggokab.go.idKotak Saran/pengaduan di Ruang tunggu pasien Pelayanan pengaduan langsung di ruang pengaduanMedia sosial : Facebook, Instagram, Tik-tok, Youtube (Puskesmas Sumberasih)
2. STANDAR PELAYANAN MASALAH PENYALAHGUNAAN NAPZA a. Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan (service delivery)
No.
KOMPONEN
URAIAN
1
Persyaratan pelayanan
Sekolah setingkat SD,SMP dan SMA di wilayah kerja UPT Puskesmas SumberasihSasaran Penyuluhan yaitu Siswa SD,SMP dan SMA di wilayah kerja UPT Puskesmas Sumberasih
2
Sistem dan mekanisme/ prosedur
Koordinator Pelayanan Penanganan Masalah Napza melakukan koordinasi dengan Koordinator UKS dan KRR utk merencanakan kegiatan penyuluhan tentang Pencegahan dan penanggulangan bahaya penyalahgunaan NapzaKoordinator Pelayanan Penanganan Masalah Napza, UKS dan KRR menyusun jadwal kegiatan penyuluhan tentang Pencegahan dan penanggulangan bahaya penyalahgunaan NapzaKoordinator UKS berkoordinasi dengan guru UKS utk merencanakan kegiatan penyuluhan kepada siswa tentang NAPZAKoordinator UKS memberikan surat pemberitahuan ke sekolah untuk kegiatan penyuluhan kepada siswa tentang NAPZAKoordinator Pelayanan Penanganan Masalah Napza/ UKS/ KRR melaksanakan kegiatan penyuluhan tentang Pencegahan dan penanggulangan bahaya penyalahgunaan Napza serta mencatatnyaKoordinator Pelayanan Penanganan Masalah NAPZA melakukan evaluasi kegiatan yg telah dilaksanakan utk disusun rencana perbaikan selanjutnyaKoordinator Pelayanan Penanganan Masalah melaporkan evaluasi kegiatan yg telah dilaksanakan kepada PJ UKM utk diteruskan ke Kepala Puskesmas
3
Jangka waktu pelayanan
Menyesuaikan Jenis Kegiatan
4
Tarif
Tidak dikenakan biaya
5
Produk pelayanan
Penyediaan & Penyebaran informasi tentang Pencegahan & Penanggulangan bahaya penyalahgunaan NAPZA
6
Penanganan pengaduan, saran dan masukan
Pelayanan pengaduan melalui: Telp/ WA : 082130009234Email : pkmsumberasih@gmail.comWebsite : http://puskesmas-sumberasih.probolinggokab.go.idKotak Saran/pengaduan di Ruang tunggu pasien Pelayanan pengaduan langsung di ruang pengaduanMedia sosial : Facebook, Instagram, Tik-tok,Youtube (Puskesmas Sumberasih)
3. STANDAR PELAYANAN KESEHATAN MATRA a. Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan (service delivery)
No.
KOMPONEN
URAIAN
1
Persyaratan pelayanan
Jemaah Haji yang keberangkatannya sudah ditentukan oleh kemenag (masa keberangkatan)Jemaah Haji hadir langsung ke UPT Puskesmas Sumberasih untuk pemeriksaan kesehatanPersyaratan membawa:Pas foto 3×4 2 lembarFoto copi KTP
2
Sistem dan mekanisme/ prosedur
Jemaah haji melakukan pemeriksaan tahap I di labkesda yaitu meliputi: pemeriksaan Laboratorium, EKG, Rontgent thoraksSetelah melakukan pemeriksaan tahap I Jemaah haji melakukan pemeriksaan tahap II yaitu dengan datang ke Puskesmas untuk menerima hasil pemeriksaan dan tindak lanjut dari hasil pemeriksaan tersebutDalam pelaksanaan tahap II Jemaah haji juga mendapatkan pembinaan kesehatan dari petugas, selain itu Jemaah Haji juga melakukan vaksinasi meningitis dan influenza 2 minggu sebelum keberangkatan
3
Jangka waktu pelayanan
Pemeriksaan tahap I (masa tunggu) dilaksanakan 2 bulan sebelum keberangkatan Pemeriksaan tahap II (masa keberangkatan ) dilaksanakan 1 bulan sebelum keberangkatan Pelaksanaan vaksinasi meningitis dan influenza dilaksanakan 2 minggu sebelum keberangkatan
4
Tarif
Pemeriksaan Laboratorium, RO, EKG tarif sesuai LabkesdaPemeriksaan di Puskesmas sesuai Perbup No. 01 Tahun 2019
5
Produk pelayanan
Pemeriksaan KesehatanKonsultasi Dokter/ kesehatanPembinaan kesehatanPengukuran kebugaran jasmaniPengawasan pasca kepulangan ke tanah air
6
Penanganan pengaduan, saran dan masukan
Pelayanan pengaduan melalui: Telp/ WA : 082130009234Email : pkmsumberasih@gmail.comWebsite : http://puskesmas-sumberasih.probolinggokab.go.idKotak Saran/pengaduan di Ruang tunggu pasien Pelayanan pengaduan langsung di ruang pengaduanMedia sosial : Facebook, Instagram, Tik-tok,Youtube (Puskesmas Sumberasih)
4. STANDAR PELAYANAN KESEHATAN TRADISIONAL a. Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan (service delivery)
No.
KOMPONEN
URAIAN
1
Persyaratan pelayanan
Masyarakat di wilayah kerja UPT Puskesmas SumberasihUKBM di wilayah kerja UPT Puskesmas SumberasihInstitusi di wilayah kerja UPT Puskesmas Sumberasih
2
Sistem dan mekanisme/ prosedur
Koordinator Yankestrad melakukan analisa situasi dan identifikasi permasalahan yang ada di wilayah kerja UPT Puskesmas Sumberasih Koordinator Yankestrad menyusun prioritas masalah yang mengacu pada prioritas Puskesmas maupun regulasiKoordinator Yankestrad mengidentifikasi penyebab masalah baik dari sisi sasaran primer, sekunder dan tersierKoordinator Yankestrad mengidentifikasi pemecahan masalah dari sisi promosi kesehatan dan pemberdayaan masayarakatKoordinator Yankestrad menyusun prioritas pemecahan masalah dalam bentuk kegiatanKoordinator Yankestrad mengusulkan kegiatan dalam pertemuan PTPKoordinator Yankestrad menyusun RPKKoordinator Yankestrad melaksanakan kegiatan sesuai RPKKoordinator Yankestrad melakukan evaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan untuk disusun rencana perbaikan selanjutnya
3
Jangka waktu pelayanan
Menyesuaikan Jenis Kegiatan
4
Tarif
Tidak dikenakan biaya
5
Produk pelayanan hattra
Pelayanan kesehatan tradisional dalam gedungPelayanan kesehatan tradisional luar gedungPelayanan kesehatan tradisional massa dan medsos
6
Penanganan pengaduan, saran dan masukan
Pelayanan pengaduan melalui: Telp/ WA : 082130009234Email : pkmsumberasih@gmail.comWebsite : http://puskesmas-sumberasih.probolinggokab.go.idKotak Saran/pengaduan di Ruang tunggu pasien Pelayanan pengaduan langsung di ruang pengaduanMedia sosial : Facebook, Instagram, Tik-tok,Youtube (Puskesmas Sumberasih)
5. STANDAR PELAYANAN KESEHATAN OLAHRAGA a. Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan (service delivery)
No.
KOMPONEN
URAIAN
1
Persyaratan pelayanan
Kartu Identitas / KTP /KKKartu BPJS / KIS / Jamkesda (pasien dengan jaminan)
2
Sistem dan mekanisme/ prosedur
Petugas kesehatan mencatat identitas peserta pada format absensi yang telah disediakanPetugas kesehatan melaksanakan pengukuran tinggi dan berat badan kepada pesertaPetugas kesehatan melaksanakan pengukuran dan pemeriksaan tekanan darah kepada pesertaPetugas memberikan pengarahan berupa wawancara dan konselingPetugas melakukan peregangan sebelum melakukan senamPetugas atau instruktur senam melaksanakan senam sesuai jenis senam yang dibutuhkan peserta (senam diabetes, jantung sehat)
3
Jangka waktu pelayanan
≤ 60 menit
4
Tarif
Tidak dikenakan biaya
5
Produk pelayanan hattra
Pelayanan pembinaan kesehatan olahraga
6
Penanganan pengaduan, saran dan masukan
Pelayanan pengaduan melalui: Telp/ WA : 082130009234Email : pkmsumberasih@gmail.comWebsite : http://puskesmas-sumberasih.probolinggokab.go.idKotak Saran/pengaduan di Ruang tunggu pasien Pelayanan pengaduan langsung di ruang pengaduanMedia sosial : Facebook, Instagram, Tik-tok,Youtube (Puskesmas Sumberasih)
6. STANDAR PELAYANAN KESEHATAN KERJA a. Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan (service delivery)
No.
KOMPONEN
URAIAN
1
Persyaratan pelayanan
Institusi di wilayah kerja UPT Puskesmas Sumberasih, termasuk internal dan Perkantoran
2
Sistem dan mekanisme/ prosedur
Petugas mengumpulkan data dan mendokumentasikan pelaksanaan K3 (kesehatan dan keselamatan kerja) Internal Petugas melakukan pembinaan dan membuat laporan pelaksanaan kegiatan K3 Perkantoran yang ada di wilayah kerja UPT Puskesmas SumberasihPetugas melaksanakan promotif dan preventif serta membuat laporan LBKP (laporan bulanan kesehatan pekerja)Petugas mengupload data/ hasil kegiatan ke dalam aplikasi sitkoMelakukan rekapitulasi data yang telah terkumpul bulanan selama setahun untuk dilaporkan dan divalidasi kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo
3
Jangka waktu pelayanan
≤ 60 menit Jam kerja pelayanan UPT Puskesmas SumberasihHari Pengumpulan Laporan : Setiap akhir bulan sebelum tanggal 5Penbinaan K3 perkantoran 1x setahun Pembinaan,promotif dan preventif pada kelompok kesehatan kerja.2xsetahun
4
Tarif
Tidak dikenakan biaya
5
Produk pelayanan hattra
Hasil rekapitulasi penyelengaraan k3 internal di puskesmas dan penyelenggaraan pembinaaan K3 Perkantoran serta promotif dan preventif yang dilakukan pada kelompok pekerja
6
Penanganan pengaduan, saran dan masukan
Pelayanan pengaduan melalui: Telp/ WA : 082130009234Email : pkmsumberasih@gmail.comWebsite : http://puskesmas-sumberasih.probolinggokab.go.idKotak Saran/pengaduan di Ruang tunggu pasien Pelayanan pengaduan langsung di ruang pengaduanMedia sosial : Facebook, Instagram, Tik-tok,Youtube (Puskesmas Sumberasih)
7. STANDAR PELAYANAN KEFARMASIAN a. Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan (service delivery)
No.
KOMPONEN
URAIAN
1
Persyaratan pelayanan gema cermat
Pemerintah dan masyarakat serta seluruh pemangku kepentingan terkait tentang terselanggaranya kegiatan gema cermatTenaga kefarmasian yagn memberikan informasi kepada masyarakat.
2
Sistem dan mekanisme/ prosedur
Petugas menentukan sasaran kegiatan penyuluhanPetugas melakukan koordinasi lintas program dengan kegiatan promosi kesehatan yang lain atau dengan bidan desaPetugas menyusun kerangka acuan kegiatan dan jadwal kegiatan sesuai hasil koordinasi lintas programPetugas mensosialisasikan jadwal kegiatan kepada sasaranPetugas menyusun materi kegiatanPetugas melaksanakan kegiatanPetugas melakukan survei kepuasan dan mengumpulkan data hasil umpan balik sasaranPetugas menyusun laporan kegiatanPetugas melakukan evaluasi, analisa dan menyusun rencana tindak lanjut kegiatan
3
Jangka waktu Kegiatan
Sesuai dengan waktu yang diberikan oleh penyelenggara
4
Biaya kegiatan
Tidak dikenakan biaya
5
Produk pelayanan
Kegiatan edukasi kepada masyarakat cerdas dalam menggunakan obat
6
Penanganan pengaduan, saran dan masukan
Pelayanan pengaduan melalui: Telp/ WA : 082130009234Email :pkmsumberasih@gmail.comWebsite : http://puskesmas-sumberasih.probolinggokab.go.idKotak Saran/pengaduan di Ruang tunggu pasien Pelayanan pengaduan langsung di ruang pengaduanMedia sosial : Facebook, Instagram, Tik-tok,Youtube(Puskesmas Sumberasih)